Tips Mencegah Karatan Pada Knalpot Motor

Punya motor bagus? tapi knalpotnya karatan? aduh!! memalukan. Eiitts, tunggu dulu! kali ini mencegah.com akan membuat postingan tentang Tips Mencegah Karat Pada Knalpot Motor. Sebenarnya, knalpot motor itu salah satu komponen dari sepeda motor yang perawatannya sangat sederhana. Tetapi, bagaimana jika terjadi hal yang sebaliknya. Knalpot motor menjadi tidak terawat, banyak dipenuhi dengan karat hingga kemudian terjadinya kebocoran.



 Tentunya jika knalpot motor kamu berkarat, itu mudah mengundang kebocoran pada sang knalpot, dan tentu saja kebocoran itu dapat merugikan. Dari suara mesin yang berubah menjadi kasar hingga berkurangnya performa motor.

Nah, berikut adalah tips mencegah karat pada knalpot motor:

1. CUCI MOTOR DENGAN AIR BERSIH

Tentunya hal yang pertama kali harus diperhatikan adalah mencuci motor. Jika kamu jarang mencuci motormu, bisa saja hal ini menjadi penyebab utamanya. Sangat disarankan cuci motor hingga bersih dengan air yang bersih secara rutin. Terutama setelah kehujanan.

2. KERINGKAN HINGGA BENAR-BENAR KERING

Setelah sudah selesai mencuci, keringkan seluruh bagian motor hingga benar benar kering.

3. OLESKAN OLI BEKAS

Oleskan oli bekas pada bagian leher knalpot lalu panaskan mesin agar oli tersebut menguap karena panas. Leher knalpot itu bagian yang paling sering atau mudah keropos. Hal itu dikarenakan pipa leher adalah bagian paling pertama yang terkena semburan hawa panas dari gas buang yang dihasilkan mesin. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

4. MASUKKAN OLI BEKAS

Masukkan oli secukupnya ke dalam lubang knalpot minimal setiap dua bulan sekali.

Demikian tips mencegah karat pada knalpot motor, semoga artikel diatas dapat membantu. Luangkan waktu untuk merawat knalpot dari motor kesayangan Anda.