RANDOM POSTS!

Mencegah Autisme Pada Anak

Autisme adalah sebuah kondisi yang disebabkan gangguan perkembangan yang sangat kompleks pada anak, dan biasanya gejala kelainan ini terlihat sebelum anak berusia tiga tahun.Penyebab autisme adalah gangguan neurobiologis yang mempengaruhi fungsi otak sehingga mereka tidak mampu berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif. Gejala Autis pada anak adalah mereka cenderung tidak mempedulikan lingkungan dan orang-orang di sekitar.
Gejala autisme memang sangat bervariasi. Sebagian anak Autis berperilaku hiperaktif dan agresif atau menyakiti diri, namun ada pula yang pasif dan lebih suka berdiam diri. Mereka sulit mengendalikan emosinya dan sering menangis dan mengamuk. Mereka sering menangis, tertawa atau marah-marah tanpa sebab yang jelas. Hal tersebut dipengaruhi oleh Intensitas gejala autisme juga berbeda-beda, dari ringan sampai berat.
Agar anak anda tidak mengalami gangguan perkembangan ini, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, bahkan sudah harus dipersiapkan mulai dari sebelum hamil sampai dengan proses kelahiran buah hati anda nantinya:
 
Mencegah Autisme Anak Sebelum Hamil
Asam folat sudah menjadi salah satu nutrisi yang wajib diberikan pada ibu hamil, untuk mencegah kelainan pada bayi seperti spina bifida (celah pada tulang belakang). Namun berdasarkan penelitian terbaru, konsumsi asam folat saat sebelum hamil sampai ketika hamil dapat autisme. 
Penelitian tersebut disebutkan, para ibu yang mengonsumsi asam folat 4 minggu dan 8 minggu sebelum kehamilan memiliki risiko 40 persen lebih rendah melahirkan anak menderita autisme. Sedangkan kaitan antara autisme dengan konsumsi asam folat selama kehamilan akan menurunkan risiko autism, hal tersebut saat ini masih menjadi bahan penelitian para ahli.
Mencegah Autisme Anak Saat Hamil
·         Adapun cara mencegah gangguan pertumbuhan anak sejak salam kandungan adalah : Periksa dan konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan lebih awal, lebih disarankan lagi apabila konsultasi juga dilakukan mulai saat merencanakan kehamilan.
·         Segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan ketika terjadi pendarahan ketika hamil. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan gangguan transportasi oksigen dan nutrisi ke bayi yang mengakibatkan gangguan pada otak janin di dalam kandungan.
  • Bayi yang lahir Prematur dan berat badan yang rendah juga dapat meningkatkan resiko tinggi terjadinya autism dan gangguan pertumbuhan lainnya. Berhati-hatilah minum obat selama hamil, apabila perlu konsultasikan segala obat yang akan anda minum ketika mengeluhkan rasa sakit.
  • Hindari makanan yang mengandung bahan kimiawi atau toksik selama kehamilan
  • Hindari asap rokok dan Beristirahatlah yang cukup, hindari keadaan stres dan depresi.
Mencegah Autisme Anak Saat Persalinan 
  • Beberapa komplikasi yang timbul selama persalinan menentukan kondisi bayi yang akan dilahirkan. Apabila terjadi gangguan dalam persalinan maka bisa menyebabkan hambatan aliran darah dan oksigen ke seluruh organ tubuh bayi termasuk ke otak.
  • Otak adalah organ yang paling sensitif dan peka terhadap gangguan ini, apabila otak terganggu maka sangat mempengaruhi kualitas hidup anak baik dalam perkembangan dan perilaku anak nanti ketika dilahirkan, termasuk meningkatnya resiko gangguan perkembangan atau autism.
 Demikian tips mencegah autisme pada anak, semoga artikel diatas dapat membantu Anda.
Tag : ANAK, KELUARGA
Back To Top