RANDOM POSTS!

Mencegah Kuku dan Jari Kuning Saat Mengupas Kunyit

Kunyit adalah termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.



Kunyit memiliki zat alami yang berwarna kuning, sehingga dapat dipakai sebagai pewarna alami masakan, misalnya pada nasi kuning. Selain sebagai bumbu dan pewarna pada masakan, tanaman ini juga biasa digunakan sebagai bahan pengawet makanan alami.



Nah, karena mengandung zat warna kuning tersebut, terkadang saat mengupas kunyit tangan kita ikut berwarna kuning dan bahkan sampai kuku kita terlihat menguning. Hilangnya juga agak lama terlebih jika warna kuning tersebut masuk kedalam sela-sela kuku. Hal ini juga yang membuat orang-orang agak malas untuk mengupas kunyit dan lebih memilih / membeli kunyit dalam bentuk bubuk yang tentunya dalam rasa tak lagi sepekat kunyit kupasan sendiri. Bagaimana cara mencegahnya?

Berikut Cara Mencegah Kuku dan Jari Kuning Saat Mengupas Kunyit :

1. Kupas Di Bawah Kucuran Air Yang Mengalir
Dengan adanya aliran air saat mengupas kunyit di bawah kucuran air, maka zat warna pada kunyit akan langsung larut oleh air dan tidak sempat menempel pada tangan kita. Ketika mengupas kunyit di bawah kucuran air, usahakan jangan terlalu kuat dalam memegang kunyitnya. Hal itu dilakukan untuk menghindari berbekasnya warna kuning kunyit pada jari-jari Anda.

Gunakan Minyak Kelapa
Minyak kelapa adalah minyak yang asalnya dari parutan kelapa kemudian di masak dalam penggorengan hingga muncul minyak. Sebelum mengupas kunyit dengan cara ini, lumuri tangan dengan minyak kelapa. Minyak kelapa dapat mencegah zat kuning kunyit yang menempel pada tangan/jari kita. Kemudian setelah selesai mengupas basuhlah tangan dengan sabun.

Demikian sedikit tips Mencegah Kuku dan Jari Kuning Saat Mengupas Kunyit di atas. Semoga Artikel tersebut dapat membantu Anda yang ingin mengupas kunyit namun tetap ingin menjaga kuku dan jari Anda dari zat kuning kunyit.
Back To Top