RANDOM POSTS!

Mencegah Terpapar Pedasnya Cabai

Si merah dan Si hijau ini memang teman sejati dalam acara makan-makan orang Indonesia. Tetapi, hati-hati saat mengolahnya. Jika Anda tak sengaja mengucek mata setelah memotong cabai, atau jika mata Anda terkena biji cabai itu amat sangat menyebalkan, selain pedas/perih yang dirasakan hal ini juga dapat merusak  momen seru Anda dalam memasak dan tentunya itu sangat mengganggu aktifitas masak-memasak Anda.

Tak cuma bisa diolah jadi sambal, cabai sebagai penghasil rasa pedas juga bisa diiris-iris dan dicampur dalam masakan  Namun, salah satu diantara masalah yang sering muncul adalah rasa panas di tangan setelah banyak mengiris cabai. Nah, bagaimana cara mencegah terpapar pedas cabai saat memasak ?

Berikut cara mencegahnya :

Mencegah Rasa Panas di Tangan
Gunakan Sarung tangan plastik khusus memasak, ini menjadi cara utama dalam mencegah tangan Anda dari rasa panas cabai yang sedang diolah.

Jika tidak terbiasa menggunakan sarung tangan Anda bisa mencegah timbulnya rasa panas di tangan dengan cara memasukkan tangan ke dalam wadah berisi garam atau beras. Proses ini dilakukan setelah Anda memotong cabai, namun sebelum tangan terasa panas. Setelah memotong cabai, masukkan tangan Anda ke dalam beras selama beberapa menit. Garam dan beras akan membantu mendinginkan tangan Anda dari rasa panas.

Mencegah Rasa Panas di Mata
Gunakan Sarung tangan plastik khusus memasak, karena pada saat ingin mengucek mata kita pasti sadar bahwa tangan kita sedang bersarung dan dengan begitu kita akan membuka sarung tersebut untuk mengucek mata kita. Kemudian kita bebas mengucek mata atau mengusap bagian lain karena tangan kita tidak terpapar secara langsung dengan cabai-cabai itu.

Bila memang diperlukan dan tidak mengganggu, Anda juga bisa menggunakan kacamata untuk melindungi mata dari ‘udara’ pedas yang dipaparkan oleh cabai.

Demikian cara mencegah terpapar pedas cabai saat memasak, semoga artikel ini dapat membantu Anda terhindar dari pedasnya paparan cabai yang menyebalkan.  :)
Back To Top