RANDOM POSTS!

Mencegah Pakaian Mengkilap Saat di Setrika

Seringkali kain pakaian menjadi mengkilap setelah disetrika dengan setrika biasa (dry iron). Sebabnya adalah karena setrikaan yang terlalu panas, yang menyebabkan kain terbakar dan akhirnya jadi mengkilap. Tentu saja kain yang mengkilap seperti itu akan membuat pakaian terlihat kurang bagus.


Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah kain mengkilap karena setrika:

1. Pisahkan pakaian berdasarkan jenis kainnya, lalu setrikalah masing-masing jenis kain dengan panas yang sesuai. Penyebab kain mengkilap yang paling sering adalah karena disetrika dengan panas yang lebih tinggi dari panas yang disarankan untuk jenis kain tersebut. Tentang jenis kain dan panas yang disarankan untuk menyetrikanya, biasanya dapat dilihat pada label di pakaian. Akan lebih baik jika kita menyetrika mulai dari jenis kain yang membutuhkan panas paling rendah terlebih dahulu. Misalnya kita memiliki dua jenis kain, sintesis dan katun. Mulailah dengan menyetrika pakaian berkain sintesis yang membutuhkan panas lebih rendah, setelah selesai baru naikkan panas setrika untuk menyetrika pakaian berkain katun. Dengan begini kita akan menghindari resiko menggosok pakaian dengan panas yang terlalu tinggi untuk jenis kainnya.


2. Untuk pakaian yang tidak kita ketahui jenis kainnya atau panas yang disarankan untuknya, kita bisa menghindari resiko membuatnya mengkilap dengan menggososk bagian dalamnya. Agar lebih aman lagi, usahakan untuk mengatur panas setrika pada level rendah terlebih dahulu, dan naikan sedikit demi sedikit jika belum mencapai panas yang ideal untuk membuat pakaian rapi.


3. Cara lain yang bisa diambil jika kita tidak bisa membuat pakaian rapi sempurna dengan menyetrika bagian dalamnya saja, adalah dengan menggunakan pelapis ketika menyetrika bagian luar kain. Pelapis ini bisa berupa sehelai kain lain atau bahkan selembar koran. Dengan menggunakan pelapis, permukaan setrikaan yang panas tidak akan bersentuhan langsung dengan permukaan pakaian, sehingga resiko mengkilap lebih kecil.


4. Cara terakhir yang juga tidak kalah mudah adalah dengan menggunakan semprotan pelembut/pelican pakaian. Selain karena mempercepat proses menyetrika sehingga kain tidak perlu lama bersentuhan dengan panas, semprotan pelembut/pelican pakaian yang mengandung air juga membantu mengurangi panas di permukaan kain.




Back To Top