RANDOM POSTS!

Mencegah Rambut Beruban

Rambut beruban tidak selalu hanya hadir pada rambut orang tua, adakalanya yang muda pun dapat merasakan rambut beruban.



Seperti diketahui sejak dari dulu, uban menjadi masalah baru bagi seseorang, meski kadang ada saja orang yang menganggap bahwa uban adalah tanda kedewasaan dan kebijaksanaan. Namun dengan rambut kita yang beruban, apalagi bagi kita yang berumur masih muda, rambut beruban tentu bisa dianggap bahwa kita sudah tumbuh semakin tua. Ya, meskipun usia kita masih muda sebenarnya.

Pada dasarnya, rambut beruban bakal menimpa semua orang, tapi setidaknya kita yang masih muda berusaha untuk mencegah agar tidak begitu cepat rambut uban kita tumbuh. Nah berikut ini ada beberapa tips mencegah rambut beruban secara alami yaitu dengan menggunakan :

Cara Mencegah Uban dengan Biji Duku

Biji buah duku, dalam bahasa ilmiah disebut Lansium domesticum Corr., dapat menjadi alternatif alamiah mencegah tumbuhnya uban di rambut kita serta pula bisa menghilangkan uban secara alami seperti halnya dengan khasiat kelapa hijau di atas. Agar hal ini terwujud, langkah yang harus dilakukan adalah :

Ambillah biji duku secukpnya, lalu ditumbuk sampai halus dan diberi sedikit air bersih. Oleskan pada rambut hingga merata dan biarkan selama 25 menit. Setelah itu rambut dicuci bersih. Lakukan hal ini berulang-ulang dua hari sekali, niscara rambut kita yang beruban berangsur-angsur akan menjadi hitam kembali.

Cara Mencegah, Mengatasi atau Menghilangkan Uban dengan Minyak Kemiri

Minyak kemiri, dalam bahasa ilmiah disebut Aleurites moleceana Willd, tidak hanya bisa membuat rambut kita sehat dan lebat, tapi juga dapat mencegah tumbuhnya uban pada rambut kita. Namun minyak kemiri ini harus dicampur dengan beberapa jenis bunga.

Bahan-bahan yang dicampur dengan kemiri adalah :

-    Bunga mawar (Rosa Damascena) satu kuntum
-    Kenanga (Canangium odoratum) tiga kuntum
-    Melati (Jasminum sambac Ait) tujuh kuntum

Setelah ketiga hal di atas sudah terkumpul, lakukan cara berikut :

Rebuslah biji kemiri dengan air sampai mengeluarkan minyak. Kemudian diperas menggunakan kain bersih lalu tampunglah minyaknya. Setelah itu, masukkan mawar, kenanga dan melati kedalam minyak tersebut, biarkanlah selama 3 hari. Setelah 3 hari ambillah bunga-bunga tersebut sambil diperas untuk lanjutnya dibuang. Maka jadilah minyak kemiri yang siap untuk dipakai.

Nah, untuk dapat mencegah tumbuhnya uban dengan minyak kemiri yang sudah kita buat di atas, gunakanlah setiap hari sebagai minya rambut.

Begitulah kira-kira seperti diungkapkan oleh pakar tradisionalis agar mencegah dan menghilangkan uban secara alami tanpa perlu biaya mahal pergi ke salon.

Saran-saran agar mencegah rambut beruban

Uban yang tumbuh pada rambut itu juga termasuk penyakit rambut yang kehilangan za pewarna hitam atau merah akibat kekurangan protein rambut (zat para amino asam benzoat). Oleh karena itu, perhatikanlah bebarapa saran di bawah ini :


  1. Selalu berjemur setiap pagi hari
  2. Bergembiralah selalu dengan menikmati keindahan alam
  3. Jangan memikirkan hal yang berat untuk dipikirkan
  4. Makanan harus dikunyah sampai lembut.
  5. Makan nasi secukupnya dan perbanyak sayur.
  6. Perbanyaklah makan daging ayam muda, hati ayam jantan, hati sapi muda, air tapai ketan, sayur segar seperti selada, kangkung, kol, daun pepaya muda, daun jambu mente, daun tomat muda dan jamur. Buah-buahan seperti salak dan durian juga perlu dikonsumsi.
  7. Jangan sembarangan memakai minyak rambut buatan pabrik, sebaiknya gunakan saja minyak kemiri yang dibuat sendiri seperti di atas.
Demikianlah cara mencegah rambut beruban secara alami seperti diungkapkan oleh banyak pakar kesehatan herbal di Indonesia. Semoga tulisan tentang tips kesehatan rambut ini bisa bermanfaat untuk kita semua.
Back To Top