RANDOM POSTS!

Mencegah Masalah Overheat Pada iPhone & iPad

Perangkat iPhone mulai generasi iPhone 4 hingga terbaru memang dibuat menggunakan material logam (kecuali iPhone 5c) yang dapat menyebarkan suhu dengan baik. Namun terkadang karena peningkatan suhu yang terlalu ekstrim atau kesalahan penggunaan, bisa saja kamu mengalami gejala overheat atau panas berlebih.



Bila dibiarkan saja, bisa jadi masalah yang serius seperti merusak beberapa komponen sepertichip selular, flash kamera atau mungkin perangkat layar. Jangan bingung dan panik, kamu bisa mencegah hal tersebut dengan mewaspadai beberapa hal berikut:

1. Jangan tinggalkan perangkat iPhone di dalam mobil.

Suhu di dalam mobil yang tertutup rapat dan sedang diparkir dalam teriknya matahari bisa jadi bencana untuk perangkat iPhone. Hindari kejadian ini dengan selalu mengecek barang yang akan kamu bawa turun dari mobil sebelum melangkah keluar.

2. Matikan fitur yang betul-betul tidak diperlukan

Saya sering menjumpai teman yang menggunakan perangkat iPhone dengan kondisi bluetoothmenyala padahal tidak sedang menggunakan wireless headset atau perangkat serupa. Sebaiknya matikan fitur tersebut. Sama halnya dengan penggunan koneksi data seluar pada daerah yang tidak terjangkau, sebaiknya matikan saja sementara daripada membuat kamu kesal karena sulit terkoneksi.

3. Hindari main game + mengisi baterai diluar ruangan

Bermain game berat seperti Infinity Blade memang akan menguras kemampuan perangkat keras sekaligus kapasitas baterai. Saran saya jangan bermain game sembari mengisi ulang baterai terutama ketika berada di terik matahari atau luar ruangan (di dalam mobil saat macet misalnya). Gunakan waktu tersebut untuk berbincang dengan orang di dalam mobil atau melakukan hal lainnya sementara perangkat iOS sedang dicharge.

4. Jauhkan dari benda bersuhu tinggi

Sering menumpukkan iPhone dan powerbank yang sedang digunakan untuk mengisi ulang baterai? Sebaiknya hindari hal tersebut mulai sekarang. Panas yang dihasilkan powerbank ditambah panas pada bagian bawah perangkat iPhone saat diisi ulang membuat efeknya berlipat dan tentunya lebih riskan.

5. Hapus aplikasi yang tidak sepenuhnya mendukung perangkat

Bila sebuah aplikasi dibuat dengan dukungan yang minim pada sebuah perangkat, pastinya kinerjanya akan terasa sangat dipaksakan dan membuat cepat panas. Sebaga contoh mungkin kamu gemar bermain game dengan grafis tinggi namun pada perangkat lama seperti iPhone 3Gs dan iPad generasi pertama. Hal ini bisa memicu masalah overheat terutama bila dilakukan bersama serangkaian kegiatan di bagian atas artikel.
Bagaimana bila kamu mengalami kondisi panas berlebih yang ditunjukkan dengan peringatan bergambar ikon kuning di layar? Jangan panik, dinginkan segera dengan memindahkan iPhone atau iPad ke tempat yang lebih sejuk atau meletakkan selama beberapa saat di depan kipas angin (jangan AC karena khawatir membuat embun). Mematikan perangkat selama beberapa saat juga bisa menjadi solusi terakhir bila kondisi tak kunjung berubah.

Tag : PONSEL, TEKNO
Back To Top