RANDOM POSTS!

Mencegah Anak dari Bahaya Internet

Di zaman yang serba modern ini, manusia semakin dimudahkan untuk mengakses internet kapan saja dan di mana saja. Itu berarti internet tak hanya digunakan oleh orang dewasa tapi juga anak-anak di bawah umur bisa leluasa menggunakan internet tanpa ada pengawasan dari orangtuanya.

Karena tak ada pengawasan, takutnya anak-anak melakukan hal negatif ketika menggunakan internet. Disitulah peranan orang tua sangat penting agar si kecil tidak terjerumus ke dalam bahayanya dunia maya.





Lantas, apa saja yang bisa dilakukan orang tua untuk mencegah anak dari bahayanya internet? Berikut ulasannya :

Berikan Pengarahan

Sebagai orang tua, Anda harus bisa memberikan pengarahan kepada si kecil tentang tata cara penggunaan internet yang baik. Seperti menggunakan internet untuk keperluan pendidikan bukan sebagai mainan. Selain itu, coba Anda terangkan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dibuka di dalam internet. Di sisi lain, Anda juga harus sedikit 'mengancam' jika si buah hati melanggar peraturan yang Anda berikan, misalnya tidak akan mengaktifkan lagi internet atau tidak akan diisi pulsanya.

Batasi Penggunaan Internet Anak

Jika anak menggunakan smartphone, sebaiknya Anda jangan memberikannya keleluasaan untuk bermain internet dengan mengaktifkan paket internet untuk satu bulan atau satu minggu. Tapi, batasi penggunaan internet si kecil dalam waktu tertentu.

Gunakan Password

Ketika smaertphone milik Anda dibiarkan di rumah sementara Anda sedang beraktivitas, anak terkadang suka memakainya untuk internetan. Untuk mencegah si kecil membuka sesuatu yang negatif, berikan password pada smartphone Anda. Ini juga berlaku pada laptop atau komputer Anda di rumah.

Dampingi Anak Ketika Sedang Menggunakan Internet

Saat Anda sedang bersama si buah hati, coba lihat apa yang dilakukan anak ketika sedang menggunakan ponselnya. Dengan begitu si kecil tidak akan berani membuka hal-hal negatif. Sayangnya, tips ini tidak berlaku jika Anda sedang terpisah dengan si kecil.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mencegah anak melakukan hal-hal berbahaya di internet.


Back To Top