Cara Mencegah Hard Disk Mengalami Bad Sector

Hard Disk adalah salah satu komponen terpenting didalam sebuah komputer/laptop dan bad sector adalah suatu tanda yang menyatakan bahwa ada bagian tertentu yang rusak pada perangkat keras tersebut. Perangkat yang mengalami bad sector biasanya tidak dapat digunakan lagi. Lalu bagaimana mencegahnya?


Berikut Cara Mencegah Hard Disk Bad Sector :

Gunakan UPS Berkualitas
UPS atau yang memiliki nama panjang Uninterruptible Power Supply atau biasanya juga disebut stabilizer ini adalah alat yang digunakan untuk memback-up listrik ketika komputer kehilangan energi dari sumber utamanya. Agar Hard Disk tidak mudah rusak / bad sector, pilihlah UPS yang berkualitas, terpercaya dan sudah pasti banyak digunakan orang lain.

Jaga Suhu Komputer
Panas yang berlebihan juga dapat mempengaruhi usia hard disk. Maka dari itu jagalah suhu komputer anda agar hawa panas tidak terpendam didalamnya.

Hindari Guncangan
Letakkan posisi komputer anda pada posisi yang aman atau minim dari guncangan. Hal ini dikarenakan demi menghindari dari senggolan yang tidak disengaja.

Minimalisir Listrik Statis
Jika anda pernah kesetrum saat menyentuh PC Komputer, itu artinya kita harus meminimalkan listrik statis. Karena hal itu mempengaruhi kesehatan Hard Disk juga, maka lakukan sebuah pencegahan dengan menghasilkan ground kabel yang disambungkan dengan paku yang telah anda pasang di tembok atau tanah. Untuk melakukan hal ini tentu dengan penuh rasa hati-hati dan teliti tentunya. Maka itu, pastikan komputer anda dalam keadaan mati.

Demikian Cara Mencegah Hard Disk Bad Sector. Semoga cara diatas bermanfaat buat semua pembaca. Mari mencegah dan bagikan kepada semua.