RANDOM POSTS!

Mencegah Stretchmark Selama Hamil

Apa itu Stretchmark? Sedikit penjelasan, Stretch mark adalah guratan guratan yang sering nampak pada kulit di bagian tubuh yang terletak lemak terkonsentrasi, contohnya seperti di payudara, perut atas, lengan atas, pantat, dan paha. Guratan yang mulanya berwarna merah, merah muda, atau ungu ini lama kelamaan akan berubah menjadi warna putih atau kelabu, tergantung pada warna kulit.



Kenapa sih Stretchmark bisa muncul? Hal ini terjadi karena pengaruh hormon kehamilan atau bisa juga terjadi karena melarnya kulit saat mengakomodasi pertumbuhan janin. Intinya sih, Stretch Mark terjadi karena adanya peregangan kulit secara cepat yang menyebabkan rusaknya jaringan didalamnya karena kulit mengalami peregangan yang berlebihan.

Trus bagaimana mencegahnya? Berikut Cara Mencegah Stretchmark Selama Hamil :

Olahraga Ringan
Olahraga tentu baik untuk ibu hamil, lebih tepatnya dianjurkan olahraga ringan untuk ibu hamil. Olahraga ringan itu bisa berupa jalan kaki atau berenang secara teratur 2 kali seminggu, hal ini dapat melancarkan sirkulasi darah dan oksigen. Sebelum menentukan jenis olahraga ringan yang akan Anda lakukan, ada baiknya dikonsultasikan dulu kepada dokter atau bidan anda, untuk memastikan tingkat keamanannya. Anda bisa juga mengikuti senam ibu hamil atau yoga.

Banyak Minum Air & Vitamin
Perbanyaklah minum air putih dan konsumsi sayur mayur serta buah-buahan. Hal ini dapat menjaga kulit Anda dari kemungkinan dehidrasi selama masa kehamilan. Jangan lupa juga untuk konsumsi vitamin agar sang calon bayi Anda tumbuh sehat, serta menjaga kecantikan kulit Anda.

Menjaga Berat Badan
Menjaga berat badan saat masa kehamilan sepertinya cukup sulit, karena masa menjalani kehamilan akan membuat Anda mengalami kenaikan berat badan sampai 30an kg. Dimaksudkan menjaga berat badan disini adalah di minggu-minggu pertama selama 3 semester kehamilan. Hal itu dikarenakan apabila Anda dapat menjaga atau memperlambat kenaikan berat badan, maka itu akan berdampak baik bagi kesehatan Anda, bayi dan kulit perut Anda. Cobalah untuk menghindari kenaikan berat badan yang langsung melonjak cepat selama kehamilan, karena itu dapat memperlambat peregangan kulit dan stretchmark relatif lebih mudah dicegah.

Pijat Perut Secara Lembut
Disaat mandi, pijatlah sekitar area perut dengan lembut atau bisa juga dengan menggunakan sikat tubuh untuk mengelupaskan sel kulit mati. Memijat perut secara lembut dapat meningkatkan sirkulasi pada kulit Anda dan hal itu juga bisa mencegah Stretchmark sejak awal.

Gunakan Lotion Pelembab
Salah satu cara yang juga dapat Anda lakukan untuk mencegah Stretchmark adalah dengan melembabkan kulit setiap hari pada masa kehamilan hingga setelah Anda melahirkan. Untuk hal ini, Gunakan lotion khusus yang diperkaya dengan kandungan kolagen yang berfungsi untuk membantu mengembalikan elastisitas kulit selama kehamilan.

Oleskan minyak zaitun atau baby oil sejak awal kehamilan karena minyak zaitun dan baby oil memiliki manfaat yang tak jauh beda dengan lotion pelembab yang dimaksud. Anda juga bisa menggunakan cream stretch mark untuk ibu hamil. Demi memberikan hasil yang lebih baik, Anda dapat konsultasikan itu kepada dokter terkait untuk memastikan keamanan bagi kulit Anda.

Demikian cara Mencegah Stretchmark Selama Hamil diatas, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat buat semua. 

Back To Top