RANDOM POSTS!

Mencegah Tangki Bahan Bakar Motor Karatan

Satu lagi bagian kendaraan roda dua yang mudah berkarat, itu adalah tangki bahan bakar motor atau tangki BBM. Sudah takdirnya memang korosi atau karatan ini adalah musuh besar dari logam, tetapi apakah korosi dapat di cegah? tentu saja bisa. Lalu bagaimana cara mencegahnya?




Berikut cara-cara Mencegah Tangki Bahan Bakar Motor Karatan :


Biasakan Tangki BBM Terisi Penuh

Kenapa harus membiasakan tangki terisi penuh? karena dengan penuhnya isi tangki motor ini tidak akan memberi ruang udara untuk terjadinya sebuah penguapan. Jika kondisi tangki hanya terisi setengah atau tidak penuh, ada baiknya saat parkir cari tempat yang teduh demi menolak terkenanya sinar matahari secara langsung. Jika kita tidak membiasakan tangki terisi penuh atau hanya setengah, ini dapat mengakibatkan penguapan gas bahan bakar yang menyebabkan munculnya korosi atau karat pada tangki.

Cek Karet Tutup Tangki

Jangan sepelehkan karet tutup tangki, cek juga kondisinya karena semakin tua usia motor semakin lemah juga kondisi karet tutup tangki motor. Lihat, apakah sudah mulai melar atau bahkan koyak, silakan ganti dengan karet tutup tangki yang baru agar tangki dapat tertutup kembali dengan rapat.



Jangan Semprot Langsung Ke Tutup Tangki Saat Mencuci



Jika kalian mencuci motor dengan jasa cuci steam usahakan jangan menyemprotkan air secara langsung kearah tutup tangki. Hal itu demi mencegah rembesan air masuk kedalam tangki.

Kuras Tangki

Kuraslah tangki dan bersihkan dengan bensin, jika menemukan karat dalam tangki jangan pernah dikerok karena akan merusak bagian dalam tangki. Semprotlah dengan cairan peluntur karat seperti WD40, setelah itu bilas atau cuci kembali tangki dengan bensin. Lakukan langkah ini tiap 6000km sekali atau tiap setengah tahun sekali.

Demikian Cara Mencegah Tangki Bahan Bakar Motor Karatan. Semoga artikel diatas dapat membantu kalian dalam merawat tangki motor dari ancaman korosi.
Tag : MOTOR, OTOMOTIF
Back To Top