Cara Mencegah Jaket Kulit Dari Jamur

Sebelum membahas Cara Mencegah Jaket Kulit Dari Jamur, ada baiknya kita ketahui dahulu penyebab  munculnya jamur pada jaket kulit kita. Ciri-ciri jaket kulit yang berjamur adalah dengan adanya bercak-bercak putih yang jika didiamkan semakin lama akan semakin banyak, yang pada akhirnya akan membuat jaket kulit kesayangan anda menjadi rusak. Berikut adalah beberapa penyebab jamur pada jaket kulit :
  • Jaket kulit berjamur biasanya karena disimpan dalam waktu yang lama dan tidak terkena sinar matahari dalam waktu yang lama.
  • Jaket sering disimpan pada lemari kayu. Di dalam lemari kayu biasanya adalah tempat yang paling mudah tumbuhnya jamur.
  • Sirkulasi udara pada ruangan tempat penyimpanan kurang baik.
  • Menyimpan jaket kulit pada tempat yang lembab dan gelap


Lalu, bagaimana cara mencegah jaket kulit dari jamur? Berikut 6 tips cara pencegahannya :
  1. Gantung jaket kulit di luar ruangan atau dalam ruangan yang terang dan tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Ini adalah pencegahan tiimbulnya jamur pada jaket kulit anda.
  2. Jika jaket kulit kesayangan anda terlanjur berjamur maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah bersihkan jamur dari jaket anda dengan cara menyikatnya dengan sikat lembut sampai bersih.
  3. Buat larutan cuka atau alcohol dengan cara mencampurkan cuka atau alcohol dengan air dengan perbandingan 1:1 (missal 1 gelas cuka/alcohol dicampur dengan 1 gelas air). Basahi lap bersih yang lembut dengan larutan tersebut. Sebelum membersihkannya coba test larutan yang sudah anda buat pada bagian jaket yang tersembunyi. Jika tidak luntur atau pudar, bersihkan permukaan jaket yang berjamur sampai benar-benar bersih. Fungsi larutan asam yang anda buat tadi adalah untuk membunuh jamur dan mencegah pertumbuhannya.
  4. Sesudah bersih keringkan jaket dengan cara digantung di ruangan yang tidak lembab sampai kering.
  5. Periksa kembali bekas jamur pada jaket kulit anda, jika masih ada bekas jamur bersihkan dengan lap yang sudah dibasahi detergen ringan kemudian keringkan dengan cara digantung/diangin-anginkan.
  6. Lakukan perawatan rutin dengan lotion khusus jaket kulit yang bisa anda beli di toko-toko kulit di kota anda.
Demikian cara mencegah jaket kulit dari jamur yang bisa anda lakukan di rumah. Satu hal lagi, lakukan perawatan diatas secepatnya ketika anda melihat jamur pada jaket kulit anda, jangan menunggu jamur sudah banyak tumbuh di jaket kulit kesayangan anda. Semoga Bermanfaat :)