Mencegah Blue Screen Pada Laptop atau Komputer

Blue Screen adalah istilah yang dikenal luas untuk layar yang ditampilkan Sistem Operasi Windows ketika mengalami kesalahan sistem atau yang disebut Stop Error oleh Windows. Hal ini bisa menjadi masalah serius, karena laptop / komputer Anda tidak dapat bekerja secara maksimal.



Sebelum masalah ini menimpa pada laptop atau komputer Anda, ada baiknya kita simak beberapa tips Mencegah Blue Screen Pada Laptop atau Komputer Berikut ini :

Backup registry
Caranya, Anda bisa langsung masuk pada menu Start kemudian pilih Run. Setelah itu, ketik kata regedit. Jika sudah, tekan tombol enter. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih menu File. Lakukan eksport untuk membackup registry. Untuk melakukan cara ini, ada baiknya Anda menggunakan flashdisk atau removable yang lainnya.

Hindari Upgrade
Hindari terlalu banyak upgrade. Faktanya, masalah Blue Screen sering terjadi saat Anda melakukan upgrade. Nah, dengan menghindari terlalu sering upgrade tentu menjauhkan laptop atau komputer Anda dari masalah Blue Screen.

Install Software Secukupnya
Kebanyakan menginstall software juga tidak baik, hindari itu. Gunakan atau Instal Software secukupnya. Akan lebih baik jika Anda hanya menginstall software yang memang di butuhkan saja. Memiliki software yang terlalu banyak akan berpotensi mengakibatkan Blue Screen dan akan membahayakan komputer atau laptop Anda.

Kontrol RAM Anda
Jangan lupa untuk memperhatikan jumlah program yang Anda buka saat mengoperasikan komputer atau laptop Anda.Ini terkait dengan low memory. Jangan terlalu banyak membuka program khususnya jika program tersebut terlalu berat. Kendala akan muncul apabila kapasitas RAM Anda tidak terlalu besar. Hasilnya, komputer Anda akan menjadi lambat. Bahkan, kemungkinan besar laptop dan komputer Anda akan mengalami error.

Defrag hardisk
Sangat dianjurkan untuk melakukan Defrag secara berkala. Anda bisa menggunakan fitur Defrag yang memang sudah bawaan Windows. Anda juga bisa menginstall software khusus Defrag yang mungkin lebih canggih dari yang sudah ada pada Windows.


Demikian cara mencegah Blue Screen tersebut di atas, tugas Anda selanjutnya adalah mencobanya.  Lakukan cara tersebut satu per satu. Lakukan cara pertama terlebih dahulu. Jika cara pertama dirasa kurang efektif atau tidak berpengaruh maka silakan lakukan cara selanjutnya. Walaupun tampak memakan waktu tapi Anda harus melakukan cara tersebut demi keamanan komputer atau laptop Anda.  Ingat! laptop atau komputer tidak hanya digunakan tetapi juga harus dirawat sehingga terhindar dari berbagai masalah termasuk masalah Blue Screen. Semoga Artikel diatas dapat membantu Anda dalam menjaga kinerja komputer atau laptop Anda.