Mencegah Cipratan Minyak Saat Menggoreng

Untuk sebagian orang memasak itu menyenangkan, tetapi bagaimana jika kita harus merasakan panasnya cipratan minyak dari masakan yang kita goreng? terlebih saat menggoreng ikan, sungguh itu sangat menyebalkan.


Kesenangan yang kita lakukan harus pula disertai dengan kekesalan. Tentu tak semestinya begitu, karena hal itu masih dapat kita cegah. Lalu, bagaimana cara mencegah cipratan minyak saat kita menggoreng ?

Berikut Cara Mencegahnya :

TIRISKAN
Tiriskan terlebih dahulu bahan-bahan yang ingin dimasak, setelah dicuci.

TABURI GARAM
Taburi GARAM, tetapi jangan terlalu banyak agar masakannya tidak keasinan.

MASUKKAN IRISAN JAHE
Masukkan 1 atau 2 irisan jahe setelah minyak panas, kelebihannya jika memasak makanan yang berbau amis seperti ikan, bau amisnya bisa hilang dengan memakai irisan jahe ini.

MASUKKAN BAWANG MERAH
Masukkan 1 atau 2 butir bawang merah setelah minyak sudah panas.

MASUKKAN TEPUNG BERAS
Memasukkan tepung beras setelah minyak panas, ini juga manjur untuk menghilangkan percikan tetapi minyak akan menjadi cepat kotor, maka dari itu berikan secukupnya saja.


Untuk mencegah cipratan minyak mengenai wajah Anda, mungkin bisa coba cara yang sedikit konyol dan lucu ini, yaitu dengan menggunakan helm seperti gambar dibawah. Sepertinya itu hanya melindungi bagian wajah saja, untuk melindungi keseluruhan bisa Anda kreasikan sendiri dengan menggunakan sarung tangan, baju lengan panjang, celana / bawahan yang menutup. Jika Cara ini membahayakan sangat TIDAK DISARANKAN! dan sepertinya cara itu terlalu berlebihan juga tidak memiliki tingkat kenyamanan.


Demikian cara-cara mencegah cipratan minyak saat menggoreng, semoga artikel ini dapat membantu Anda terhindar dari cipratan minyak yang menyebalkan. Ingat! Kesenangan yang kita dapatkan tidak harus  disertai dengan kekesalan. :)