Tips Mencegah Serangan Jantung

Serangan Jantung adalah suatu kondisi penyempitan/blokade pada sebagian pembuluh darah sehingga aliran darah ke jantung akan terhambat, dan terjadinya penurunan suplai oksigen dan zat makanan yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otot jantung.



Kondisi penghambatan tersebut terjadi secara tiba-tiba atau mendadak yang umumnya menimbulkan nyeri atau ketidaknyamanan di tengah dada dalam beberapa menit.

Penyebab utama serangan jantung adalah terhambatnya aliran darah ke jantung. Hambatan ini bisa disebabkan karena terjadinya penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan dan kekakuan pada pembuluh darah disebut pengerasan pada arteri atau aterosklerosis. Juga bisa saja terjadi karena penumpukan lemak akibat : merokok, diet yang tidak sehat, dan kurang aktivitas.
    
Selain itu, serangan jantung juga dapat dipicu oleh adanya beberapa faktor risiko seperti : usia, jenis kelamin, riwayat keluarga, riwayat penyakit jantung koroner sebelumnya, kadar lemak darah tinggi (hiperlipidemia), riwayat penyakit diabetes, hipertensi, sindrom metabolik, stres kronis, penggunaan obat tertentu, denyut jantung tidak teratur.

Nah, Bagaimana cara mencegahnya??

Berikut cara-cara mencegah terjadinya serangan jantung :

Rajin Olahraga
Olahraga adalah kegiatan paling mudah dan efektif untuk mencegah datangnya serangan darah tinggi atau jantung.

Jauhi Alkohol
Sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol. Jika tak memungkinkan, atur sedikit mungkin meminum alkohol.

Jauhi Rokok
Jika Anda seorang perokok, sebaiknya mulai untuk menjauhkan diri dari rokok maupun asap rokok, setidaknya di mulai dari mengurangi.

Kontrol Berat Badan
Jika berat badan Anda melebihi normal atau jauh dari ideal, sebaiknya upayakan untuk menurunkan bobot tubuh.

Refreshing
Sesekali Anda perlu melakukan refreshing dan mengosongkan pikiran dari beban pekerjaan atau lainnya. Nikmati masa liburan dengan sebaik mungkin dan jangan pikirkan pekerjaan Anda.

Atur Pola Makan
Hati-hati dengan pola makan dan zat yang Anda konsumsi. Konsultasikan dengan dokter bila tak paham mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh

Kelola Stres
Kurangi dan kelola stres, jauhkandiri dari hal-hal yang membuat Anda stres.


Demikian tips mencegah terjadinya serangan jantung diatas, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat buat semua.