Mencegah Kegagalan Usaha Kecil

Memiliki usaha yang masih kecil dan belum besar terkadang akan membayangi kita bagaimana jika usaha itu membesar. Seakan terlarut dalam bayang-bayang kesuksesan membuat kita juga lupa bagaimana cara mencegah kegagalan usaha atau bisnis yang terlebih saat bisnis itu masih kecil. Tidak mau kan usaha kecil Anda yang baru mulai langsung menghadapi kegagalan? Berikut ini cara Mencegah Kegagalan Usaha Kecil :



SISIHKAN UANG DALAM PEMASARAN
Jangan terlalu sibuk memikirkan kesuksesan saja, ingat juga bagaimana jika terjadi kegagalan. Sisihkan uang yang dipakai untuk pemasaran karena jika tidak disisihkan usaha anda mungkin takkan bertahan lama. Banyak peluang gratis untuk pemasaran atau iklan usaha Anda. Pemasaran memang memegang peran penting dalam peningkatan penjualan tetapi jangan terlalu menghamburkan uang untuk pemasaran semata. Demi menekan biaya pemasaran hal itu cukup baik dilakukan.

TULISKAN RENCANA PEMASARAN
Satu hal yang lebih penting daripada rencana usaha adalah sebuah rencana pemasaran. Rencana pemasaran merupakan salah satu kunci untuk mencegah terjadinya kegagalan usaha kecil. Tulislah rencana pemasaran seperti dimulai dari survey bisnis dengan melihat minat orang-orang, trend atau yang lagi hot lainnya untuk rencana pemasaran dan jangan lupa juga untuk pikirkan strategi yang dapat membantu usaha Anda berkembang.

PEMASARAN SECARA BERKELANJUTAN
Melakukan sebuah pemasaran tak hanya sekali saja, tetapi Anda juga harus berkelanjutan melakukannya setiap hari, karena pasar tiap harinya terus berkembang dan tumbuh. Baik pengusaha baru maupun lama saling bersaing. Pemasaran secara berkelanjutan akan menjamin usaha Anda tidak mengalami kegagalan.

KONSENTRASI PADA SATU USAHA
Batasi bakat dan kemampuan Anda untuk satu jenis usaha. Anda dapat mempertahankan usaha kecil Anda lagi dengan hal seperti ini, dan usaha Anda akan tetap bertahan juga tumbuh. Silakan Anda kembangkan usaha baru jika sudah siap dengan segala tenaga, modal lebih banyak dan strategi yang lebih kuat.

JANGAN CAMPUR UANG USAHA DENGAN PRIBADI
Ini adalah hal yang harus dapat Anda lakukan, pisahkan uang untuk usaha dengan uang untuk pribadi. Harus tau mana yang urusan untuk usaha dan mana yang urusan untuk pribadi. Buatlah aturan yang harus Anda patuhi sendiri. Jangan sekali-kali mengambil uang usaha untuk kepentingan pribadi, hal ini dapat membawa Anda kepada kegagalan bisnis kecil.

 Demikian cara Mencegah Kegagalan Usaha Kecil diatas, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat buat semua.