Mencegah Terjadinya Kebakaran

Kebakaran bukan hanya menimbulkan kerugian pada mereka yang bangunannya terbakar, tetapi juga kerugian terhadap lingkungan, terlebih jika terjadi kebakaran hutan. Siapa diantara kita yang menginginkan terjadi kebakaran? Tidak ada, kecuali mereka para pengusaha dan penguasa-penguasa egois yang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi.



Berikut Cara Mencegah Terjadinya Kebakaran :

Rokok
Ini yang paling penting untuk diwaspadai, biasakan untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok. Pastikan juga bara api sudah mati pada puntung rokok.

Lilin, Petromak & Obat Nyamuk Bakar
Ketika mati lampu atau dalam kegelapan lainnya dan menggunakan cahaya lilin atau lampu petromak, tetap awasi lampu/lilin tersebut juga jangan meletakkannya pada sembarang tempat yang dapat mengakibatkan jatuhnya lampu/lilin yang berpotensi kebakaran. Jauhkan dari benda yang mudah terbakar. Begitu pula untuk penggunaan obat nyamuk bakar.

Alat Listrik & Perangkat Api
Rawatlah dengan baik perangkat api dan alat listrik seperti kompor gas, solder, setrikaan, magic jar, kabel-kabel listrik dan lain-lainnya. Lakukan pergantian total terhadap perangkat jaringan listrik yang sudah usang. Ganti dengan yang baru dan berkualitas bagus demi keamanan dari konsleting listrik atau hubungan arus pendek. Hindari juga pencurian listrik PLN agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan dari konsleting listrik.

Alat Pemadam Kebakaran
Siapkan perangkat pemadam kebakaran seperti sistem pemadam pendeteksi asap, pemancar air, hidran, selang penyemprot air dan lain sebainya dan terlebih jika bangunan anda cukup besar dan luas.

Anak-Anak & Lansia
Jauhkan benda-benda berapi atau yang dapat mengeluarkan api dari anak-anak dan lansia atau paling tidak, ada yang mengawasi seperti bermain korek api, korek gas, kembang api, petasan, kompor gas, kompor minyak dan lain sebagainya. Karena anak-anak berpotensi bertindak ceroboh yang berefek fatal.

Pembinaan & Sosialisasi Kebakaran
Lakukan pembinaan dan sosialisasi kebakaran seperti penyuluhan kepada seluruh anggota keluarga, pegawai, siswa, guru, buruh pabrik dan sebagainya mengenai penanganan bencana kebakaran yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja semua itu agar mereka mengerti apa yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran. Beritahu nomor polisi dan pemadam kebakaran.

Kesadaran Lingkungan
Kebakaran bisa juga terjadi akibat dari bangunan sebelah yang terbakar dan menyambar bangunan kita. Tingkatkan kesadaran lingkungan pada masyarakat sekitar untuk meminimalisir terjadinya kebakaran dilingkungan sekitar. Bagikan juga artikel ini ke siapa saja untuk memperluas pengetahuan tentang mencegah terjadinya kebakaran.

Demikian cara mencegah terjadinya kebakaran diatas, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat buat semua.