Mencegah Ponsel Panas / Overheat Saat Main Game Online

Kini memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa fungsi daripada ponsel pintar atau smartphone sudah benar benar tidak hanya untuk berkomunikasi saja. Beberapa diantara kita mungkin akan menggunakannya untuk menjalankan tugas berat seperti untuk main game online salah satu contohnya, hal ini justru akan membuat smartphone mungkin akan mengalami panas yang berlebih. 

Ilustrasi | Gambar dari : gamedaim.com


Nah, saat itu terjadi atau biasa disebut overheat, sistem secara otomatis akan melambatkan kinerja untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen sensitif di dalam ponsel. Hal inilah yang menyebabkan perangkat kita tersebut menjadi lemot dan kurang responsif. 

Jika suhu smartphone tinggi bisa mengakibatkan berbagai masalah serius, seperti bocornya baterai, kehilangan data, dan masalah masalah lainnya. Bahkan, mungkin bisa saja smartphone kita menjadi mati total dan tidak bisa dinyalakan lagi ketika sudah melewati suhu tertentu.

Berikut ini adalah mencegah ponsel panas ketika sedang bermain game online :

-Tutup Aplikasi Tak Terpakai Saat Bermain
Hampir 100 persen kinerja perangkat diarahkan ke aplikasi game. Aplikasi yang berjalan di latar belakang (background) bisa menyedot sumber daya dan menyebabkan smartphone menjadi lambat. Biasanya, aplikasi yang sering masih berjalan di background adalah browser, musik, dan media sosial. 

Untuk melakukannya, periksa cache dan aplikasi yang sedang berjalan. Perhatikan aplikasi yang paling banyak memakan RAM. matikan aplikasi tidak penting selain game pilihan Anda agar masih banyak kapasitas RAM yang tersisa.

-Bersihkan Ruang Penyimpanan
Seringkali smartphone penuh dengan aplikasi yang tidak penting dan jarang sekali kamu gunakan. Deretan aplikasi ini bisa berupa browser, aplikasi wallpaper, atau pemutar musik dan video, serta game. Apabila aplikasi-aplikasi ini masih ter-install di dalam smartphone maka akan menguras kapasitas RAM yang ada. 

Sebaiknya, Anda hapus atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai tersebut karena berpotensi membuat kinerja smartphone lambat saat sedang bermain game.

-Kecilkan Volume
Ternyata suara juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa hp menjadi cepat panas ketika dipakai main game. Alasannya sama, karena dengan suara yang besar maka kinerja hp akan menjadi lebih berat. 

Solusinya, cukup gunakan volume kecil ketika bermain game, atau kalau perlu tidak usah nyalakan volume. Memang, menurunkan atau mematikan suara saat main game membuat suasanya menjadi kurang ramai, tapi kamu harus melakukannya jika ingin hp terhindar dari panas berlebihan. Kamu dapat mengubah settingan volume ini di pengaturan game ataupun bisa mengubahnya langsung dari tombol volume smartphone kamu.

-Kurangi Tingkat Kecerahan
Pemakaian hp dengan settingan kecerahan layar tinggi bisa menjadi salah satu alasan yang membuat smartphone kamu menjadi cepat panas. Karena itu, jika kamu ingin main game, ubah settingan tingkat kecerahan menjadi berada di level rendah.

Selain membuat hp bekerja lebih ringan. Menurunkan tingkat kecerahan juga akan membantu menjaga kesehatan mata kamu agar tidak terlalu banyak terkena radiasi yang ditimbulkan oleh kecerahan smartphone. serta membuat konsumsi baterai menjadi lebih hemat.

Nah demikian cara Mencegah terjadinya Ponsel Panas / Overheat Saat sedang bermain Game Online. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kalian. Jika berkenan, silakan bagikan konten ini ke sosial media lainnya.