Mencegah Wasir Kambuh Kembali

Wasir atau hemoroid ini adalah pembengkakan atau pembesaran pada pembuluh darah di bagian akhir usus besar (rektum) dan anus. Wasir dapat terjadi di segala usia, tetapi lebih sering dialami oleh orang dengan usia 50 tahun atau lebih.

Ilustrasi | Gambar oleh Darko Djurin dari Pixabay

 

Jika kamu, kerabat atau saudaramu pernah mengalami penyakit ini, mari kita cegah wasir ini kembali kambuh dengan beberapa cara pencegahan berikut ini :

Pencegahan Wasir

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah wasir datang kembali atau kambuh, yaitu dengan cara berikut :


1. Konsumsi makanan - makanan yang kaya akan serat
Perbanyaklah konsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Mengonsumsi jenis-jenis makanan penuh serat ini tentu berguna untuk melembutkan dan membuat volume tinja menjadi padat sehingga mudah dikeluarkan.


2. Perbanyak minum cairan
Minumlah 6–8 gelas air putih setiap harinya untuk mempertahankan tinja agar tetap lunak.


3. Jangan mengejan/ngeden berlebihan
Jangan mengejan berlebihan saat mencoba mengeluarkan kotoran, karena akan memberikan tekanan besar bagi pembuluh darah di rektum dan anus sehingga menjadi wasir.


4. Jangan menunda-nunda / menahan buang air besar
Menunda BAB terlalu lama hingga keinginan BAB menghilang dapat mengakibatkan tinja mengering dan sulit dikeluarkan.


5. Rutin berolahraga
Berolahraga secara rutin dapat mencegah konstipasi dan obesitas, yang merupakan faktor risiko timbulnya wasir. Olahraga juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan berlebih yang dapat mengakibatkan wasir.


6. Hindari duduk yang terlalu lama
Duduk terlalu lama, termasuk kebiasaan membaca atau bermain ponsel saat buang air, dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.

Nah itu tadi di atas adalah beberapa cara mencegah wasir datang kembali / kambuh. Semoga bermanfaat dan semoga cepat sehat juga sembuh dari penyakitnya. Terima kasih telah berkunjung ke mencegah.com, jika ini bermanfaat silakan bagikan konten ini kepada saudara, teman dan orang orang yang tersayang.