Cara Mencegah Korosi Pada Besi

Salah satu kelemahan besi adalah mudahnya mengalami korosi. Korosi menimbulkan banyak kerugian karena mengurangi umur pakai barang atau bangunan yang mengandung besi. Tetapi tenang, korosi dapat dicegah dengan berbagai cara, berbagai jenis logam seperti zink dan magnesium dapat melindungi besi dari korosi.



Sebenarnya korosi dapat dicegah dengan mudah, melalui Stainless Steel dengan cara pengubahan besi menjadi baja tahan karat. Namun, proses ini terlalu mahal untuk kebanyakan pengguna besi.

Berikut Cara Pencegahan Korosi Pada Besi :

Pengecatan.
Jembatan, pagar, dan railing biasanya dicat. Cat menghindarkan kontak dengan udara dan air. Cat yang mengandung timbel dan zink (seng) akan lebih baik, karena keduanya melindungi besi terhadap korosi.

Pelumuran dengan Oli atau Gemuk. 
Cara ini diterapkan untuk berbagai perkakas dan mesin. Oli dan gemuk mencegah kontak dengan air.

Pembalutan dengan Plastik. 
Berbagai macam barang, misalnya rak piring dan keranjang sepeda dibalut dengan plastik. Plastik mencegah kontak dengan udara dan air.

Tin Plating (pelapisan dengan timah). 
Kaleng-kaleng kemasan terbuat dari besi yang dilapisi dengan timah. Pelapisan dilakukan secara elektrolisis, yang disebut tin plating. Timah tergolong logam yang tahan karat. Akan tetapi, lapisan timah hanya melindungi besi selama lapisan itu utuh (tanpa cacat). Apabila lapisan timah ada yang rusak, misalnya tergores, maka timah justru mendorong/mempercepat korosi besi. Hal itu terjadi karena potensial reduksi besi lebih negatif daripada timah. Oleh karena itu, besi yang dilapisi dengan timah akan membentuk suatu sel elektrokimia dengan besi sebagai anode. Dengan demikian, timah mendorong korosi besi. Akan tetapi hal ini justru yang diharapkan, sehingga kaleng-kaleng bekas cepat hancur.

Galvanisasi (pelapisan dengan Zink). 
Pipa besi, tiang telepon dan berbagai barang lain dilapisi dengan zink. Berbeda dengan timah, zink dapat melindungi besi dari korosi sekalipun lapisannya tidak utuh. Hal ini terjadi karena suatu mekanisme yang disebut perlindungan katode. Oleh karena potensial reduksi besi lebih positif daripada zink, maka besi yang kontak dengan zink akan membentuk sel elektrokimia dengan besi sebagai katode. Dengan demikian besi terlindungi dan zink yang mengalami oksidasi (berkarat). Badan mobil-mobil baru pada umumnya telah digalvanisasi, sehingga tahan karat.

Cromium Plating (pelapisan dengan kromium). 
Besi atau baja juga dapat dilapisi dengan kromium untuk memberi lapisan pelindung yang mengkilap, misalnya untuk bumper mobil.Cromium plating juga dilakukan dengan elektrolisis. Sama seperti zink, kromium dapat memberi perlindungan sekalipun lapisan kromium itu ada yang rusak.

Sacrificial Protection (pengorbanan anode). 
Magnesium adalah logam yang jauh lebih aktif (berarti lebih mudah berkarat) daripada besi. Jika logam magnesium dikontakkan dengan besi, maka magnesium itu akan berkarat tetapi besi tidak. Cara ini digunakan untuk melindungi pipa baja yang ditanam dalam tanah atau badan kapal laut. Secara periodik, batang magnesium harus diganti.


Demikian Tips 7 Cara Pencegahan Korosi Pada Besi yang kami buat, semoga tips diatas dapat membantu Anda dalam merawat barang dan bangunan yang mengandung besi.