Mencegah Konflik Di Lingkungan Kerja

Di dalam sebuah lingkungan perusahaan/pekerjaan yang namanya permasalahan atau konflik pasti kerap terjadi apapun jenis pekerjaan yang kita lakukan. Konflik ini kadang terjadi antar individu, dan bahkan bisa merembet menjadi konflik antar kelompok.




 Adanya konflik atau permasalahan ini tentunya pasti akan menghambat pekerjaan sehingga kinerja tidak maksimal dan tak sesuai harapan serta keinginan.

 Berikut ini Cara Mencegah Konflik Di Lingkungan Kerja :


Sedikit Bicara dan Banyak Bekerja
 Berbagai macam karakter karyawan dari tingkatan jabatan yang berbeda-beda pasti akan secara otomatis kita hadapi bila bekerja di suatu perusahaan besar. Sebaiknya dalam bekerja kita tidak terlalu banyak bicara, apalagi jika anda masih berada di posisi bawah dan belum bisa memberikan prestasi apapun di perusahaan.


Berkomunikasi dengan Cerdas
 Posisi aman untuk anda berkomunikasi dengan tepat adalah bila anda berada pada posisi di tengah-tengah antara pimpinan dan anak buah. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan yaitu gaya bicara, intonasi, dan gestur tubuh harus dikendalikan agar komunikasi dapat terjalin dengan lancar demi meredam konflik yang mungkin sedang terjadi.

 Berkarakter Kuat
 Bila anda ingin diterima oleh orang lain tanpa dipandang sebelah mata, karakter kuat harus ada dalam diri anda. Jika kita baik, sopan dan mempunyai komunikasi yang baik tentu akan menghindarkan kita dari persaingan tidak sehat yang bisa berujung pada konflik antar individu. Jadi, karakter yang kuat dalam diri kita akan membuat kita disegani oleh para pesaing.


Jangan Menyombongkan Diri
 Menyombongkan diri anda dalam hal apapun hanya akan menimbulkan kecemburuan antar sesama rekan kerja, bahkan pimpinan anda akan merasa jengah dan menganggap anda ‘sok’ bila anda kurang merendahkan diri dalam pergaulan di kantor. Karena yang namanya konflik lebih sering muncul karena masalah kecemburuan.


 Jadilah Karyawan yang Berprestasi
 Prestasi bisa mewakilkan diri untuk meredam persaingan yang mengakibatkan konflik karena pandangan-pandangan negatif yang timbul dari rekan kerja. Tak ada salahnya menunjukkan prestasi yang telah kita raih agar orang lain tahu kemampuan yang kita miliki.


 Pentingnya Mengendalikan Emosi
 Biasanya orang-orang yang mampu mengendalikan emosi itu terhindar dari kesalahan-kesalahan besar. Seorang karyawan harus berlatih untuk mengendalikan emosinya agar konflik yang sedang terjadi tidak semakin berlarut-larut.


Demikian artikel cara Mencegah Konflik Di Lingkungan Kerja diatas, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat buat semua.