RANDOM POSTS!

Mencegah Lensa Kamera Mengalami Kondensasi

Kondensasi adalah perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti gas (atau uap) yang menjadi cairan. Kondensasi ini adalah nama lain dari pengembunan. Ketika lensa kamera kita mengalami sebuah pengembunan, sungguh itu hal yang sangat menyebalkan, merusak momen dan tentunya tidak kita inginkan. Kenapa sih lensa kamera bisa berembun? Lalu, bagaimana mencegahnya?



Lensa kamera mengalami pengembunan dikarenakan perpindahan dari ruang yang panas menuju ke ruang yang dingin atau sebaliknya. Hal inilah yang memungkinkan lensa mengalami kondensasi atau pengembunan.

Contohnya ketika terjadi sebuah pertemuan antara kamera dan lensa yang hangat ke suatu tempat yang dingin ini akan membuat uap air menempel dan berkondensasi menjadi embun di permukaan juga bagian dalam lensa kamera.

Jangan meremehkan pengembunan pada lensa kamera. Karena efek dari pengembunan lensa kamera yang dibiarkan berlarut atau berulang-ulang akan menimbulkan jamur, karat dan bahkan terjadi korslet.

Cara mencegahnya adalah dengan memasukan kamera dan lensa ke dalam plastik yang kedap udara atau semacam ziplock dan kemudian biarkan kamera dan lensa anda beradaptasi dengan suhu baru secara perlahan.

Berapa lama proses adaptasi atau penyesuainya kamera terhadap suhu baru? perkiraan waktu beradaptasi antara 20-30menit dan ini tergantung dari panjangnya sang lensa. Semakin panjang si lensa akan semakin memakan banyak waktu untuk beradaptasi pada suhu baru, begitupun sebaliknya.

Yang perlu dicatat dan diingat adalah ketika kamera dan lensa anda baru saja terlanjur mengalami kondensasi atau pengembunan, jangan pernah melepaskan lensa dari kameranya dan kemudian masukkan kamera dan lensa dalam plastik yang juga sebelumnya sudah dikeluarkan udaranya dari dalam plastik. Memasukkan penyerap air atau beras ke dalam plastik juga dapat membantu.

Demikian Cara Mencegah Lensa Kamera Mengembun, Semoga cara diatas bermanfaat buat semua pembaca. Mari mencegah dan bagikan kepada semua.
Tag : FOTOGRAFI, TEKNO
Back To Top